Cara Blur Wajah di Premiere Pro

Cara Blur Objek Bergerak di Premiere Pro CC

Tutorial Premiere pro kali ini adalah mengenai cara blur objek bergerak di Premiere Pro. Misalnya mengaburkan wajah subjek untuk melindungi privasi seseorang di video. Untuk memulainya, tambahkan klip ke timeline dengan menyeretnya. Pada tutorial ini saya ingin blur wajahnya. Tapi perlu diingat bahwa cara blur ini juga ini bisa mengaburkan bagian bergerak manapun pun yang ingin kamu blur.

Nah, untuk melakukan blur wajah di Premiere Pro, ikuti langkah-langkah yang dijabarkan di bawah ini. Kamu juga bisa menonton video tutorialnya agar lebih jelas lagi mengikuti panduannya.

Melakukan Seleksi Menggunakan Gaussian Blur Mask di Layar Preview

Setelah menambahkan klip ke timeline, buka panel Effects dan ketikkan gaussian blur ke dalam kotak pencariannya. Seret efek gaussian blur ke klip video yang ingin dikaburkan. Kemudian pada Effects Controls, pastikan playhead diposisikan di awal klip. Pada pengaturan gaussian blur saya akan menggunakan bentuk lingkaran (eclipse mask) karena yang ingin saya blur adalah bagian wajahnya yang kira-kira berbentuk lingkaran longjong. Selain eclipse mask, kamu juga bisa menggunakan pen tool persegi panjang. Misalkan kamu ingin menempatkan mask-nya pada subjek di video dan menggunakan handle pengontrol, kamu bisa mengubah ukurannya pada layar preview. Kamu bisa mengklik salah satu titik pengontrol mask untuk membuat seleksi tambahan jika kamu ingin lebih detail lagi memblur area yang ingin di buramkan pada subjek. Pada tutorial ini, saya tidak memerlukannya, oleh karena itu saya Undo. Jika kamu mengarahkan cursor sedikit ke arah luar mask, kursor akan berubah menjadi pengontrol memutar mask agar lebih sesuai dengan posisi subjek.

Atur Tingkat Keburaman Mask

Oke, setelah menandai area yang ingin diseleksi menggunakan eclipse mask selesai, tambahkan tingkat keburamannya jika diperlukan. Sebelum kamu mulai tracking, pada pengaturan Mask Path, klik ikon pengaturan berbentuk kunci inggris dan pastikan opsi Preview tercentang. Mungkin kamu mengalami pembatalkan seleksi mask secara tidak sengaja, untuk mengembalikan seleksi mask-nya, klik tulisan Mask pada pengaturan Gaussian Blur.

Melakukan Pelacakan Area Wajah Dengan Video Diputar

Nah, kemudian langkah selanjutnya adalah melakukan tracking. Tekan tombol track forward berbentuk segitiga arah kanan untuk mulai melacak subjek. Jika kamu melihat pelacakannya keluar dari area yang seharusnya di blur, hentikan pelacakannya segera. Mungkin agak sulit untuk menghentikannya pada titik yang tepat. Tapi kamu bisa menggunakan kedua tanda panah kanan dan kiri yang ditengah-tengahnya ada tombol berbentuk lingkaran, untuk memindahkan playhead ke titik mask dimana mask tersebut mulai bergerak keluar subjek. Kemudian hapus semua frame mask setelah titik tersebut dan geser lagi mask-nya agar lebih tepat ke area pada subjek yang seharusnya di blur.

Tekan lagi track forward untuk melanjutkan tracking. Jika ada lagi titik dimana mask keluar area subjek yang seharusnya di blur, kembali lagi geser mask-nya untuk memperbaiki posisinya agar tepat. Sebaiknya menggunakan tombol di sebelah kanan track forward untuk melacak frame satu per satu (setiap frame) setelah titik mask keluar tadi untuk memastikan pelacakan (tracking) selanjutnya berjalan sebagaimana yang kamu inginkan.

Setelah pelacakan dan perbaikan posisi mask pada subjek sudah selesai, kamu dapat menekan tombol lacak maju (track forward) lagi untuk mempercepat pelacakannya.

Tinjau Kembali Hasil Pelacakan dan Pemburaman

Nah, langkah selanjutnya, putar kembali klip yang baru di edit tadi untuk memastikan apakah subjek yang di blur sudah benar diburamkan pada keseluruhan klip. Sebagai sentuhan akhir, disarankan untuk meningkatkan feather mask-nya sehingga tingkat keburaman lebih tinggi dan terlihat lebih halus.

Direkomendasikan untuk dibaca: Cara membuat subtitle di Premiere Pro.

Itulah tadi cara blur wajah di Premiere Pro. Terimakasih sudah membaca Tutorial Premiere Pro ini, semoga bermanfaat! Jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar masukan, jangan sungkan-sungkan untuk menambahkannya di kolom komentar di bawah ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *