Cara color grading di Premiere Pro CC

Cara Color Grading di Premiere Pro CC – Manipulasi Warna Video

Halo guys, tutorial color grading Premiere Pro CC ini tidak terlalu rumit dipraktekkan. Hanya saja butuh bereksperimen dalam penyetingan warna dan mengerti kegunaan fitur Color Correction di Premiere Pro. Agar hasil color grading yang didapat enak dipandang dan tidak berlebihan juga.

Langsung saja kita ikuti langkah-langkah cara color grading di Premiere Pro CC. Kamu juga bisa menonton video di bawah ini untuk mengikuti penjelasan sekaligus praktek langsung bagaimana cara color grading di Premiere Pro CC agar hasil manipulasinya sesuai dengan yang kita inginkan.

Langkah 1 – Mengatur Corak Warna (Tone) pada Klip Video

 

Pertama-tama, pilih klip video yang ingin di color grading dengan mengkliknya pada timeline dan buka panel Color. Maka jendela pengaturan Lumetri Color akan terbuka di sebelah kanan. Jika kotak jendela pengaturan Lumetri Color tidak terlihat, klik menu WindowLumetri Color. Pada panel pengaturan Lumetri Color, buka tab Basic Correction.

Nah, pada tab pengaturan Basic Correction tepatnya di bagian Tone, kita bisa bereksperimen untuk mengubah-ubah corak warna tertentu di keseluruhan klip video yang terpilih. Nah, di bawah ini adalah penjelasan kegunaan setiap pengaturan corak warna yang terdapat di tab Basic Correction tersebut:

  • Exposure: Slider pengaturan Exposure adalah untuk mengatur gelap dan terang pada klip video. Jika kamu merasa tampilan video-nya terlalu cerah, kamu perlu mengurangi nilai exposurenya dengan menggeser slider-nya ke sebelah kiri. Agar kecerahan videonya berkurang.
  • Contrast: Slider pengaturan Contrast adalah untuk mengatur skala perbedaan antara hitam dan putih pada klip video. Jadi, jika kamu ingin menambahkan densitas (kepadatan) corak warna hitam pada video, geser slider pengaturan Contrast ke sebelah kanan.
  • Highlights: Slider pengaturan Highlights adalah untuk mengatur tingkat kecerahan hanya pada bagian klip video yang paling cerah saja. Jadi, jika kamu merasa area tercerap pada klip kurang cerah, kamu bisa geser slidernya ke arah kanan untuk meningkatkan kecerahannya.
  • Shadows: Slider pengaturan Shadows adalah untuk mengatur tingkat kegelapan hanya pada bagian klip video yang paling gelap saja. Jadi, jika kamu merasa area tergelap pada klip kurang gelap, kamu bisa meningkatkan kegelapannya dengan menggeser slidernya ke arah kiri.
  • Whites: Slider pengaturan Whites adalah untuk mengatur densitas corak warna putih hanya pada area yang berwarna putih saja pada klip video.
  • Blacks: Slider pengaturan Blacks adalah untuk mengatur densitas corak warna hanya pada area yang berwarna hitam saja pada klip video.

Langkah 2 – Atur Seberapa Mencolok Semua Warna pada Video

Nah, setelah bereksperimen pada Tone yang dijabarkan di atas, kini saatnya kamu mengatur seberapa mencolok atau seberapa menyala setiap warna yang ada di klip video pada slider pengaturan Saturation.

Jadi, jika kamu kurangi nilai Saturation dengan menggeser slidernya ke sebelah kiri, maka setiap warna yang ada pada video akan semakin memudar. Tapi jika kamu tambahkan nilai Saturation dengan menggeser slidernya ke arah kanan, maka setiap warna yang ada di klip video akan semakin ngejreng (mencolok atau menyala).

Langkah 3 – Memanipulasi Temperatur atau Cuaca pada Video

Kemudian, setelah semua pengaturan warna pada klip video sudah sesuai dengan yang kamu inginkan, kini saatnya mengatur seperti apa cuaca atau temperatur yang ingin kamu tampilkan pada video.

Jadi, jika kamu ingin di klip video cuacanya terlihat dingin, pada bagian pengaturan White Balance, geser slider Temperature ke arah kiri. Atau jika kamu ingin agar tampilan pada klip video terlihat kemarau atau panas, geser slider Temperature ke arah kanan.

Sedangkan slider pengaturan Tint hanya untuk menambah warna hijau (ke sebelah kiri) atau magenta. Menurut saya pengaturan slider Tint ini kegunaannya agar tampilan video lebih enak dipandang mata. Kamu bisa bereksperimen pada slider Tint untuk menambahkan warna hijau atau magenta ke klip video kamu. Tapi disarankan jangan terlalu berlebihan jika kamu ingin tampilan video kamu terlihat lebih alami.

Oke guys, itulah tadi cara color grading di Premiere Pro CC. Semoga tutorial ini bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *