Mengatur posisi dan proporsi area yang di crop melingkar pada video.

Cara Crop Melingkar pada Video di Premiere Pro CC

Halo guys, kembali lagi dengan tutorial Premiere Pro CC. Artikel ini adalah tutorial cara crop melingkar pada video di Premiere Pro CC. Tanpa banyak basa-basi lagi, langsung saja kita mulai langkah-langkahnya!

Mungkin kamu ingin mengedit video agar tampilannya lebih terfokus pada suatu objek atau hanya menampilkan objek tertentu saja dengan tampilan potongan lingkaran di frame. Cara membuatnya biasanya melakukan crop melingkar pada saat pengeditan. Untuk melakukan crop melingkar di Premiere Pro CC, mulailah dengan mengakses efek crop ke EffectsVideo EffectsTransform.

Tab Effects

Klik dan seret efek crop tersebut ke klip video di timeline yang ingin di crop.

Tarik dan seret efek Crop ke klip di timeline.

Kemudian, dengan klip yang masih terpilih menggunakan Move Tool (V), buka tab Effects Controls. Klik ikon Eclipse Mask.

Lalu, menggunakan Move Tool (V), klik dan seret Eclipse Mask yang terlihat di layar preview untuk menempatkannya pada bagian layar yang ingin di crop melingkar. Klik dan seret pengontrol berbentuk persegi untuk memperluas area seleksi crop.

Eclipse Mask di Premiere Pro

Setelah itu, tekan opsi kotak centang Inverted pada tab Effects Controls. Nah, area yang diluar seleksi crop melingkar akan dibuat tidak tampak pada frame. Untuk melakukannya, klik dan seret opsi Right (Kanan) atau salah satu dari Left, Top dan Bottom, sampai semua area layar yang tidak di crop menjadi berwarna hitam.

Cara crop melingkar pada video di Premiere Pro CC

Sampai tahap ini, tampilan crop melingkar pada layar sudah terlihat cukup bagus. Tetapi jika teman-teman ingin memposisikan ulang area yang di crop melingkar, klik area yang kosong di timeline untuk menonaktifkan penyetingan efek crop. Klik kembali klip tersebut dan kemudian klik dua kali pada frame video untuk mengaktifkan alat Free Transform.

Direkomendasikan: Cara crop video di Premiere Pro.

Setelah itu kamu sudah bisa memindahkan area seleksi crop yang ada di video dengan mengeklik dan menyeretnya pada frame.

Mengatur posisi dan proporsi area yang di crop melingkar pada video.

Di layar preview tersebut kamu juga dapat menyesuaikan proporsinya menggunakan handle pengontrol frame. Mudah bukan? Nah, itulah tadi cara melakukan crop melingkar di Premiere Pro CC.

Baca juga: Cara mengurangi ukuran video tanpa mengurangi kualitas di Premiere Pro.

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini, dan jika teman-teman ada yang ingin disampaikan, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di tutorial Premiere Pro selanjutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *