Cara Crop Video di Premiere Pro (Manual dan Otomatis)

Halo teman-teman, artikel kali ini adalah tutorial cara crop video di Premiere Pro. Seperti biasa, tambahkan terlebih dahulu klip video ke timeline yang akan di crop. Langsung saja kita mulai dengan mengklik kanan sequence klip di panel Project. Kemudian pilih opsi sequence settings.

Pada kotak pengaturan sequence settings, ubah ukuran frame sesuai keinginan kamu. Seperti yang terlihat pada video,  frame-nya diseting menjadi 1080 x 1080. Ukuran frame tersebut memiliki aspek rasio aspek persegi, ukuran video yang cocok untuk media sosial.

Cara Crop Video Secara Otomatis di Premiere Pro

 

Nah, setelah mengatur ukuran frame video, resolusi tersebut akan disetel dan siap untuk diekspor. Tapi jika hasil crop belum sesuai dengan keinginan kamu, atau ingin merapikan subjek video agar ketengah, kamu bisa menyetingnya menggunakan efek auto-reframe. Cara melakukan auto-reframe di Premiere Pro, buka tab Effects dan ketik auto-refame pada kotak pencariannya. Lalu seret efek auto-refame tersebut ke klip video yang ada di timeline. Hasilnya, subjek yang ada di video akan dideteksi secara otomatis dan digeser ke tengah frame dengan bantuan keyframe yang dilakukan oleh AI.

Cara auto reframe di Premiere Pro

Crop Semua Klip Secara Otomatis

 

Kamu juga bisa melakukan auto-reframe kepada keseluruhan sequence secara otomatis. Cara auto-reframe keseluruhan sequence di Premiere Pro, klik kanan sequence di panel Project dan pilih opsi Auto Refame Sequence. Nah, di kotak pengaturan Auto Reframe Sequence tersebut, kamu bisa mengubah aspek ratio aspek sesuai yang kamu inginkan. Seperti yang terlihat pada video tutorial, aspect ratio nya dibuat menjadi Square (1:1). Lalu klik Create, dan hasilnya akan membuat sequence baru dengan pengaturan tadi diterapkan ke keseluruhan klip video secara otomatis. Bayangkan jika project video editing kamu terdiri dari banyak klip. Tentu crop klip video di sequence satu per satu sangat memakan waktu bukan? Nah, cara ini sangat berguna agar pengeditan video yang terdiri dari banyak klip lebih efisien atau lebih hemat waktu.

Catatan: Fitur Auto Reframe bisa kamu gunakan di Premiere pro CC 2020 ke atas. Untuk Premiere Pro CC 2019 ke bawah, hanya bisa melakukan crop manual.

Cara Crop Video Secara Manual di Premiere Pro

 

Cara crop manual di Premiere Pro

Mungkin kamu hanya butuh cara crop video secara manual di Premiere Pro. Pas setelah melakukan pengeditan aspek ratio pada sequence klip, buka tab Effects lalu ketikkan “crop” di kotak pencariannya (tanpa tanda kutip). Setelah itu, klik klip video yang ingin di crop pada timeline, lalu klik 2x pada efek crop yang muncul setelah pencarian. Pengaturan crop akan muncul di tab Effect Control pada kolom sebelah kiri atas. Disitu, klik opsi crop (tulisan crop, lebih jelasnya ditunjukkan pada video) lalu kamu sudah bisa menggunakan Move Tool (V) untuk secara langsung menggeser posisi subjek video yang ingin kamu crop di layar preview video. Atau jika ingin mengubah posisi klip lebih presisi, kamu juga bisa mengaturnya di tab Effect Crontrol dengan mengubah angka ukuran posisinya di bawah bagian penyetingan Position.

Crop Keseluruhan Video via Export Settings

Tetapi ada juga cara crop video di Premiere Pro secara manual yang lebih mudah lagi. Caranya, pastikan timeline panel kamu aktif dengan cara mengkliknya dan tekan tombol Ctrl + M pada keyboard secara bersamaan untuk membuka kotak pengaturan export video. Pada pojok kiri atas kotak pengaturan export, buka tab Source dan klik alat crop tepat di bawahnya. Seret handle-nya untuk melakukan crop video sesuai keinginan kamu.

Cara crop video di Premiere Pro via Export Settings.

Arahkan kursor ke bagian video yang di crop untuk melihat ukuran resolusinya. Pada tab pengaturan video, hapus centang lebar dan tinggi nya. Lalu klik ikon link untuk menonaktifkan skala ke rasio aspek. Setelah itu, disitu kamu bisa ubah lebar dan tinggi video yang sedang terseleksi pada handle crop dengan resolusi sesuai dengan yang kamu inginkan. Saat kamu mengklik Export, hasil videonya akan terpotong sesuai dengan di preview crop atau resolusi (tinggi dan lebar) yang kamu seting tadi.

Baca juga: Cara mengurangi ukuran video tanpa mengurangi kualitas.

Cara Crop Klip Video dan Tampilkan di Atas Klip yang Lain

 

Cara crop video di Premiere Pro yang terakhir adalah jika kamu ingin menampilkan potongan klip video pada klip lainnya. Yang mana dua klip video tumpang tindih di timeline. Yang perlu di crop tentunya klip bagian atas. Caranya, pada panel Effects, ketikkan crop pada kotak pencarian. Opsi efek crop akan muncul, dan tarik efek crop tersebut ke klip video yang bagian atas. Kemudian pastikan klip video yang atas dipilih menggunakan Move Tool (V) dan buka tab Effect Control.

Cara crop klip video dan tempatkan diatas klip yang lain.

Pada pengaturan crop, tahan klik kiri dan seret pada angka nilai left, top, right dan bottom sampai hasil crop terlihat sesuai dengan yang kamu inginkan pada layar preview. Kemudian pindah ke tab pengaturan Position jika kamu perlu menggeser klip bagian atas. Tahan klik kiri sambil menyeret nilai posisinya untuk mengubah penempatan video kamu crop tadi pada frame.

Nah, itulah tadi beberapa cara crop video di Premiere Pro. Terima kasih sudah mampir ke blog ini, dan beri komentar jika ada yang ingin ditanyakan atau sekedar member masukan.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *