Cara Membersihkan Drive C Penuh Setelah Menggunakan Premiere Pro

Halo guys, pada saat menggunakan Adobe Premiere Pro untuk mengerjakan project pengeditan video, Premiere Pro akan membuat file cache yang ukurannya sangat besar. Ukurannya file-file cache yang dihasilkan oleh Premiere Pro bisa mencapai ratusan GB tergantung besarnya project produksi video yang kamu jalankan. Jadi, tidak heran jika drive C tiba-tiba penuh tanpa menyisakan ruang penyimpanan setelah menggunakan Premiere Pro. nah, jika drive C penuh setelah menggunakan Premiere Pro, kamu tidak perlu panik. Artikel kali ini akan memandu cara mudah membersihkan Drive C yang penuh setelah menggunakan Adobe Premiere Pro.

Mengatasi Drive C Penuh Setelah Menggunakan Premiere Pro

Langkah pertama adalah jalankan software Adobe Premiere Pro dari awal seperti biasa. Tapi tidak membukanya dengan menjalankan file project berekstensi “.prproj”, ya. Jalankan dengan mengklik shortcut Premiere Pro pada desktop atau melalui menu Windows di sebelah pojok kiri taskbar.

Setelah Premiere Pro terbuka, tidak perlu membuat new project. Langsung klik menu Edit → Preferences → Media Cache. Nah, jendela pengaturan Preferences akan terbuka dan klik tombol Delete Unused. Maka jendela pop up proses Clean Media Cache Database akan terbuka. Tunggu sampai prosesnya selesai, maka Drive C yang penuh tadi sudah kembali memiliki ruang menyimpanan kosong.

Clean Media Cache Database

Selain cara di atas, kamu juga bisa langsung menghapus cache-nya dengan membuka folder C:\Users\nama komputer kamu\AppData\Roaming\Adobe\Common\ di komputer kamu. Lalu hapus semua file yang ada di folder Common tersebut.

Itulah tadi cara mengatasi Drive C penuh sehabis menggunakan Adobe Premiere Pro. Semoga cara ini membantu ya guys! Terimakasih sudah mampir ke blog ini, semoga bermanfaat. Bagikan juga caranya ke teman-teman yang lain.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *