Cara Membuat Double Exposure Photoshop

Cara Membuat Double Exposure di Photoshop

Halo sobat, artikel ini akan menunjukkan cara membuat efek double exposure di Photoshop. Kamu akan belajar bagaimana menggunakan layer mask dan menerapkannya ke layer gambar dan juga cara mengeditnya.

Dalam proses membuat efek double exposure, kamu akan melalui beberapa langkah mudah. Jadi tutorial ini cocok untuk pemula yang ingin meningkatkan kemampuan mengedit gambar atau manipulasi foto menggunakan software digital imaging Adobe Photoshop.

Apa yang Dimaksud dengan Double Exposure?

Dalam digital imaging, double exposure adalah kombinasi dari dua gambar berbeda yang terlihat dalam satu bentuk, di mana eksposur setiap gambar saling tumpang tindih. Membuat efek double exposure dapat dilakukan dengan menggunakan software digital imaging. Salah satu yang paling umum digunakan adalah Adobe Photoshop. Kombinasi dua eksposur dalam satu bentuk seringkali dapat dipamerkan dalam seni digital atau desain grafis.

Postingan ini akan menjelaskan apa saja yang akan ikuti dalam pembuatan desain double exposure menggunakan Photoshop. Silahkan simak video berikut untuk lebih jelas lagi mengikuti langkah-langkahnya sekaligus mempraktekan cara membuat double exposure di Photoshop. Video ini sudah dilengkapi dengan terjelahan Bahasa Indonesia. Jadi, jangan lupa mengaktifkan subtitle bahasa Indonesia-nya saat menonton.

Tutorial Photoshop Membuat Double Exposure

Dalam pengeditan gambar, kita sering kali perlu memotong atau menyeleksi subjek model dari gambar. Baik untuk mengubah latar belakang nya ataupun memanipulasinya. Tutorial ini akan memandu kamu bagaimana cara melakukannya. Kamu perlu menyeleksi pada subjek dan memperbaiki seleksinya sekitar tepi gambar, Misalnya saja di area detil di sekitar rambut atau bulu topi. Jadi dalam tutorial double exposure Photoshop tersebut kamu akan mempelajari bagaimana menggunakan Refine Edge Tool untuk memperbaiki seleksi di sekitar detail subjek gambar.

Refine Edge Tool di Photoshop

Kamu juga akan melihat cara mengatur adjustment layer Black & White dan mengubah warna apa saja menjadi hitam atau putih. Kemudian menerapkannya hanya ke layer tertentu dengan membuatnya sebagai clipping mask.

Menambah adjustment layer Black & White di Photoshop.

Kemudian, kamu juga akan mengikuti bagaimana menerapkan gambar kedua ke gambar model. Jadi dua gambar akan tumpang tindih. Untuk melakukannya, kamu harus membuat gambar kedua sebagai clipping mask untuk layer gambar model. Dan sampai langkah ini, kamu akan mengotak-atik clipping mask gambar kedua menggunakan brush tool untuk mengekspos gambar model dengan menggoresnya dengan warna hitam dan mengekspos gambar kedua dengan menggoresnya dengan warna putih.

Cara membuat double exposure Photoshop.

Dan langkah terakhir kamu perlu menambahkan layer adjustment curves serta menjadikannya sebagai clipping mask untuk gambar model. Kamu membutuhkan layer adjustment untuk mempertajam area warna cerah (highlights) dan gelap (shadows) pada kedua gambar yang tumpang tindih. Karena dibuat menjadi clipping mask, maka warna background atau layer background tidak akan terpengaruh.

Menambah adjustment layer Curves di Photoshop.

Nah, semoga tutorial double exposure Photoshop ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah. Terima kasih telah mengunjungi blog ini.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *