Cara Membuat Efek Teks Reveal di Premiere Pro

Cara Membuat Efek Teks Reveal di Premiere Pro CC

Halo  guys, pada postingan tutorial Premiere Pro kali ini, kita akan membahas mengenai cara membuat efek teks reveal di Premiere Pro. Efek Text Reveal biasa disebut juga dengan tulisan muncul. Efek tulisan ini sering digunakan untuk membuat tulisan judul yang ditampilkan pada video.

Oke, tanpa banyak basa-basa lagi, langsung saja kita simak langkah-langkah cara membuat efek tulisan muncul di Premiere Pro. Agar lebih jelas lagi mengikuti langkah-langkahnya, disarankan untuk menonton video tutorial text reveal di bawah ini.

Katakanlah kamu ingin membuat sebuah tulisan judul pada sebuak klip video. Jadi, pastikan klip videonya sudah ditambahkan ke timeline.

Menambahkan Tulisan ke Video di Layar Preview

Kemudian, aktifkan Type Tool (T) dan buat sebuah tulisan di layar preview. Setelah itu, langsung klik 3 kali pada tulisannya untuk memblok tulisan. Pada panel Effect Controls, perbesar ukuran tulisannya jika diperlukan. Lalu atur menjadi center align dan ubah gaya tulisannya sesuai keinginan kamu.

Untuk mengatur tata letak tulisannya pada video, buka panel Essential Graphics dengan mengakses menu WindowsEssential Graphics → Pada panel Essential Graphics, buka pengaturan Edit dan posisikan tulisan yang dibuat tadi ke tengah-tengah frame. Kamu sudah bisa menutup kembali panel Essential Graphics. Kembali lagi ke panel Effect Controls untuk mengatur jarak antar huruf, mengubah warna tulisannya dan lain-lain.

Langkah selanjutnya, geser posisi klip tulisan untuk mengatur posisinya pada video dan drag ujung klip tulisan tersebut untuk mengatur durasinya pada video. Lalu kita akan membuat garis di bawah tulisan menggunakan Pen Tool. Tapi nonaktifkan dulu klip tulisan dengan mengklik area yang kosong pada timeline.

Menambahkan Garis di Bawah Tulisan pada Video

Lalu pilih Pen Tool (P) dan ke layar preview, buat sebuah garis di bawah tulisan. Kemudian menggunakan Move Tool (V) atur klip garis tersebut pada timeline agar sesuai dengan durasi klip tulisan dengan cara menyeretnya dan mendrag ujung klipnya.

Selanjutnya, ke panel Effect Control tepatnya di bagian Shape, centang opsi Stroke untuk memperluas garis dengan mengklik dan menyeret angkanya. Nah, agar lebih leluasa melihat pengaturan, tutup bagian pengaturan Motion dan Appearance.

Menganimasikan Tulisan di Premiere Pro

Langkah selanjutnya adalah menganimasikannya. Agar lebih leluasa, tutup pengaturan Motion dan Appearance dengan mengklik tanda panahnya. Nah, kemudian nonaktifkan centang Uniform Scale. Lalu posisikan playhead kebali ke awal, ubah nilai Horizontal Scale-nya menjadi nol dan klik tombol berbentuk stopwatch disamping Horizontal Scale untuk membuat keyframe yang pertama. Selanjutnya posisikan playhead beberapa frame ke depan dan ubah kembali nilai Horizontal Scale-nya menjadi 100 untuk membuat keyframe yang kedua.

Jika kamu putar videonya, garis di bawah tulisan akan beranimasi muncul dari arah kiri ke kanan. Disini saya akan membuatnya muncul dari tengah-tengah dan kedua ujung garis memanjang ke arah kiri dan kanan. Jadi saya harus posisikan Anchor Point-nya ke tengah. Caranya, klik tulisan Anchor Point pada Effect Controls, dan pada layar preview, geser pengontrolnya yang berbentuk lingkaran ke tengah-tengah garis. Putar lagi videonya dari awal dan lihat hasilnya. Jika kamu merasa animasinya terlalu lambat, untuk mempercepatnya, klik bagian yang kosong pada panel keyframe, lalu geser keyframe akhir mendekat ke keyframe awal.

Agar pergerakan animasinnya tidak terlalu kaku, perlu memperlambat pergerakan awal munculnya garis. Caranya, block kedua keyframe tersebut, klik kanan, dan pilih Ease in.

Animasi Tulisan Muncul (Text Reveal) di Premiere Pro

Kini saatnya menganimasikan tulisannya agar terlihat bergerak muncul keluar dari garis. Pertama-tama, menggunakan Move Tool (V), klik pada klip tulisan, kemudian pindahkan playhead ke posisi dimana animasi garis berakhir, yaitu posisi keyframe kedua. Kemudian ubah posisi tulisan ke bawah sampai bagian atasnya tepat berada di garis. Lalu klik tombol berbentuk stopwatch disamping Position agar membuat keyframe awal untuk animasi tulisan. Lalu geser playhead beberapa frame kedepan dan seret nilai Position sampai tulisan terlihat berada di atas garis untuk membuat keyframe akhir.

Coba putar videonya dari titik awal untuk melihat pergerakan animasinya. Jika kamu masih belum puas dengan pergerakan animasinya, kamu bisa merubah-rubah posisi keyframe awal dan akhir dan play videonya untuk melihat hasil animasinya apakah sudah sesuai dengan keinginan kamu. Contohnya, saya mengubah-ubah posisi kedua keyframe tulisan karena ingin membuat tulisannya terlihat mulai muncul setelah pergerakan animasi garis berakhir.

Crop Tulisan Saat Sedang Berada di Bawah Garis

Nah, untuk membuat tulisannya terlihat muncul keluar dari garis, saya perlu crop klip tulisan yang bagian bawah garis agar tulisannya tidak terlihat sebelum animasi tulisannya dimulai. Caranya, buka panel Effects dan ketikkan “crop” di kotak pencarian sampai opsi efek Crop muncul. Seret efek Crop tersebut ke klip tulisan pada timeline. Lalu di panel Effect Controls, tepatnya di pengaturan Crop, saya perlu menyeret nilai Bottom sampai crop-annya hanya sebatas sisi atas tulisan. Sehingga saat animasi tulisan mulai bergerak, tulisan seolah-olah muncul keluar dari garis.

Baca juga: Cara crop video di Premiere Pro.

Selanjutnya mengamati hasil editan. Pindahkan playhead ke titik awal dan putar videonya untuk melihat gabungan animasi garis dan tulisan. Lihat kembali hasil editannya. Agar pergerakan animasi tulisan tidak terlihat kaku, sama seperti tadi, block kedua keyframe tulisan, klik kanan → Temporal InterpolationEase in. Saya ingin mengamati kembali animasinya dengan memutar video dari awal. Sampai tahap ini hasilnya sudah sesuai dengan yang saya inginkan. Tapi saya ingin membuat animasinya bergerak agak lebih cepat. Oleh karena itu saya perlu mengatur posisi semua keyframe agar lebih berdekatan. Putar kembali videonya dari awal dan amati lagi pergerakan animasinya. Sepertinya masih agak sedikit kaku di bagian akhir. Oleh karena itu saya ingin membuat animasi tulisan bergerak agak lebih lambat di bagian akhir dengan cara memblok kedua keyframe-nya → klik kanan → Temporal InterpolationEase out. Putar kembali videonya untuk mengamati. Nah, hasil animasinya sudah sesuai seperti yang saya inginkan. Inilah hasil akhirnya.

Membuat Kebalikan Gerakan Animasi

Tapi mungkin kamu juga ingin agar di akhir klip garis dan klip tulisan juga diberi animasi kebalikannya, agar efek text reveal nya terlihat lebih menarik. Caranya mudah saja, klik klip garis pada timeline, posisikan playhead ke akhir, klik keyframe pertama, copy (Ctrl-C), dan langsung paste (Ctrl-V) untuk membuat keyframe keempat. Lalu, klik keyframe kedua, copy (Ctrl-C). Untuk membuat keyframe ketiga, posisikan playhead kira-kira berjarak dari keyframe keempat sama seperti antara keyframe pertama dan kedua, lalu paste (Ctrl-V). Agar animasinya lebih alami, klik keyframe ketiga → klik kanan → Ease out (kebalikan Ease in pada klip kedua).

Demikian juga dengan klip tulisan. Pastikan Move Tool (V) masih aktif dan klik pada klip tulisan di timeline. Lalu pindahkan playhead ke posisi sebelum animasi garis mulai bergerak. Klik keyframe pertama, copy (Ctrl-C) dan langsung paste (Ctrl-V) untuk membuat keyframe keempat. Untuk membuat keyframe ketiga, geser playhead ke kiri berjarak dari keyframe keempat sama seperti antara keyframe pertama dan kedua. Klik keyframe kedua, copy (Ctrl-C) dan langsung paste (Ctrl-V). Untuk membuat animasinya lebih alami, sama seperti keyframe pertama dan kedua, blok keyframe ketiga dan keempat secara bersamaan → klik kanan → Temporal InterpolationEase in. Lagi, blok kedua keyframe secara bersamaan → klik kanan → Temporal InterpolationEase out.

Nah, hasilnya, animasi sudah ada di bagian awal munculnya tulisan dan sebelum tulisan hilang. Itulah tutorial cara membuat efek text reveal di Premiere Pro. Semoga bermanfaat!

Direkomendasikan untuk dibaca: Cara memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitasnya.

Jika ada yang ingin ditanyakan atau ingin memberi saran, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah. Terimakasih sudah mampir ke postingan ini, sampai jumpa di tutorial selanjutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *