Cara Membuat Efek Glitch di Premiere Pro

Cara Membuat Glitch Effect di Premiere Pro CC (Tutorial)

Halo guys, jika kamu ingin membuat tampilan video kamu lebih menarik, kamu bisa menambahkan efek glitch di beberapa bagian klip video kamu. Nah, pada aretikel tutorial kali  ini akan ditunjukkan cara membuat glitch effect di Premiere Pro. Kamu juga bisa menonton videonya jika ingin lebih jelas lagi mengikuti panduannya.

Langsung saja, untuk memulainya, seperti biasa, tambahkan klip video yang ingin diberikan efek glitch ke timeline.

Langkah 1 – Menambah Distorsi dan Efek Noise pada Klip Video

Mari kita mulai dengan membuka panel Effects dan ketikan glitch ke dalam kotak pencariannya. Kemudian opsi VR Digital Glitch Effect akan muncul. Seret VR Digital Glitch Effect tersebut ke klip video pada timeline. Selanjutnya, melakukan pengaturan di panel Effect Controls. Pada bagian pengaturan Effect, perluas distorsi-nya (distortion). Naikkan nilai distorsi warna menjadi 100 sampai efek RGB-nya terlihat bagus sesuai dengan selera kamu.

Kemudian kurangi tingkat distorsi menjadi nol untuk menghilangkan efek artefak yang berpola seperti bentuk pecahan-pecahan benda pada frame. Pada tutorial ini saya memperluas noise dan meningkatkan kekuatan noise-nya pada pengaturan, untuk menambahkan sedikit bintik-bintik pada efek glitch-nya.

Langkah 2 – Menganimasikan Efek Glitch

Langkah selanjutnya adalah menganimasikannya. Pertama posisikan, playhead ke posisi dimana kamu ingin memulai efek glitch pada klip video. Dan klik stopwatch di sebelah tulisan Master Amplitude untuk membuat keyframe awal. Jika kamu ingin memulai tanpa efek glitch, ubah Master Amplitudo menjadi nol.

Selanjutnya, gunakan tombol panah kanan pada keyboard untuk memindahkan playhead tiga frame ke depan dan mengatur Amplitudo ke 100. Kemudian, pindahkan playhead tiga bingkai lagi ke depan dan setel kembali Amplitudo-nya menjadi nol. Nah, ketika kamu memutar ulang, tampilannya akan memiliki animasi pada distorsi warna RGB-nya.

Langkah 3 – Menysun Keyframe dan Pengaturan Skala Video

Langkah selanjutnya, pindahkan playhead ke keyframe pertama dan kemudian mengedit pengaturan skala video pada panel Effect Controls tepatnya di bagian Scale. Naikkan skala-nya menjadi sekitar 120-130 untuk memindahkan posisi video. Lalu klik tombol stopwatch di sebelah tulisan Position untuk membuat keyframe. Kemudian gerakkan playhead satu frame ke depan dan pindahkan lagi posisi video menggunakan pengaturan Position. Cara ini akan membuat keyframe kedua. Jika kamu merasa semakin sulit melihat keyframe-nya, coba memperbesar agar keyframe-keyframe yang dibuat tadi terlihat semua.

Setelah itu, pindahkan lagi playhead-nya satu frame ke depan dan klik tombol berbentuk panah melengkung di ujung baris Position untuk mengatur ulang posisi video-nya. Nah, lagi, pindahkan playhead ke depan satu frame lagi dan atur lagi posisi video sesuai selera. Terakhir, saya akan memindahkannya satu frame lagi kedepan dan mengatur ulang posisi video kembali seperti awal.

Kamu bisa melakukan cara tadi seterusnya atau lebih banyak lagi jika kamu menginginkan efek glitch dalam durasi yang lebih lama. Jika sudah selesai, pantau posisi video yang terlihat bergerak-gerak pada frame dengan menggeser playhead-nya di sekitar keyframe-keyframe yang dibuat tadi. Jika sudah puas dengan glitch effect yang kamu buat, kemudian buat lagi glitch effect di bagian lain pada klip video jika diperlukan. Untuk mempercepat dan mempermudahnya, ikuti langkah di bawah.

Langkah 4 – Membuat Kebalikan Animasi Efek Glitch pada Klip Video

Untuk menambah efek glitch di bagian lain pada klip, cukup memilih semua keyframe yang dibuat tadi dengan membloknya, lalu klik kanan dan Copy. Agar efek glitch yang berikutnya terlihat lebih unik, kamu bisa menggunakan tanda panah yang ditengahnya terdapat tombol bulat untuk menavigasi ke setiap keyframe dan mengubah posisi video pada setingan Position.

Nah, itulah tadi cara membuat glitch effect di Premiere Pro CC. Bagaimana menurut kamu, mudah bukan? Jika ada yang ingin ditanyakan atau ada ide yang ingin ditambahkan, silahkan tinggalkan komentar di kolom komentar di bawah. Terima kasih sudah berkunjung ke blog ini dan semoga tutorial Premiere Pro ini bermanfaat! Sampai jumpa lagi di tutorial Premiere Pro berikutnya!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *