Cara membuat subtitle di Adobe Premiere Pro.

Cara Membuat Subtitle di Adobe Premiere Pro CC

Subtitle video sangat diperlukan jika kamu ingin video kamu lebih jelas sehingga jangkauan audiens-nya lebih luas. Misalnya saja, video kamu jadi cocok ditonton oleh orang yang memiliki masalah pendengaran. Dan video kamu juga bisa menjangkau orang-orang dengan bahasa tertentu jika kamu membuat subtitlenya dengan bahasa mereka walaupun bahasa asli videonya adalah bahasa Indonesia. Merupakan salah satu trik ampuh meningkatkan jumlah views di YouTube yang secara resmi disarankan oleh YouTube.

Keuntungan menambahkan subtitle ke YouTube.

Nah, artikel ini akan memandu kamu bagaimana cara membuat subtitle di Adobe Premiere Pro. Sekaligus cara mengekspor video agar subtitle-nya dibuatkan sebagai file terpisah atau di burn ke video.

Mengekspor video dengan subtitle terpisah akan membuat kamu lebih leluasa untuk membagikannya. Contohnya, jika kamu adalah kreator yang sering upload video ke YouTube atau Fanpage FB, kamu juga bisa mengupload subtitle-nya secara terpisah dengan video, agar penonton video kamu bisa memilih apakah menonton video dengan subtitle atau tanpa subtitle.

Cara Membuat Subtitle di Premiere Pro

Tutorial cara membuat subtitle di Adobe Premiere Pro ini menggunakan versi CC 2018. Tapi jika kamu menggunakan Premiere Pro versi apapun kurang lebih langkah-langkahnya sama saja. Langsung saja kita mulai cara membuat subtitle di Premiere Pro.

Untuk membuat subtitle di Premiere Pro, pertama-tama tambahkan klip video ke timeline bersamaan dengan klip audio-nya. Lalu tambahkan caption baru. Caranya, pada menu atas, buka File → New → Captions.

Cara membuat subtitle di Premiere Pro CC.

Pada kotak, tepatnya pada opsi drop-down pertama, pilihan pertama adalah CEA-606 (closed caption dengan standard definition (SD)). Tepat di bawahnya, ada opsi CEA-708 (closed caption dengan high-definition (HD)). Kedua opsi ini memungkinkan pengguna (penonton) untuk mengaktifkan dan menonaktifkan subtitle pada player video. Sedangkan opsi Open Captions adalah untuk mem-burn subtitle nya ke video secara permanen.

Cara menambahkan subtitle ke video di Premiere Pro.

Perbedaan Open Caption dan Closed Caption

Open Caption selalu terlihat pada video yang diputar dan tidak dapat dinonaktifkan, sedangkan Closed Caption dapat dihidupkan dan dimatikan oleh pengguna atau pemutar video. Closed Caption biasa disingkat dengan CC. Untuk video yang diputar di televisi, diperlukan perangkat khusus yang disebut dengan decoder agar bisa melihat subtitle closed caption. Tapi tidak semua perangkat televisi disediakan dengan decoder untuk memutar closed caption. Jadi, jika video kamu khusus untuk ditampilakan di televisi, disarankan membuat open caption agar langsung di burn ke video-nya. Sedangkan video yang dikhususkan untuk di upload kemedia sosial saat ini seperti di YouTube atau Facebook, disarankan menambahkan subtitle Closed Caption. Agar penonton bisa menonaktifkan atau mengaktifkan subtitlenya sesuai keinginan mereka.

Mengetik dan Mengatur Caption

Nah, langkah selanjutnya, drag atau seret caption-nya dari panel Project ke klip video di timeline yang ingin diberikan subtitle. Dan drag klip caption tersebut untuk menyesuaikan durasinya kurang lebih sama dengan durasi audio yang terhubung ke video.

Cara membuat subtitle video di Premiere Pro.

Note: Untuk lebih mudah memahami panduan ini, ketahui terlebih dahulu perbedaan antara “caption“, “klip caption“, “panel caption” dan “bilah hitam caption” yang dimaksud pada tutorial Premiere Pro ini.

Jadi, setiap “caption” yang ditambahkan ke “klip caption” akan diwakili oleh bilah hitam. Kamu dapat mengklik dua kali pada bilah hitam tersebut untuk membuka panel pengetikan caption. Sampai tahap ini, hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengetik subtitle-nya di kotak pengeditan caption. Setelah subtitle (caption) ditambahkan ke klip caption, ada banyak pengaturan yang bisa kamu lakukan, seperti mengubah ukuran font tulisannya, atau menyeret tepi panel caption agar pengaturan atau pengetikan subtitle jadi lebih leluasa.

Cara menambahkan caption pada video di Premiere Pro.

Hal berguna lainnya yang bisa kamu lakukan saat membuat subtitle di Adobe Premiere Pro adalah mengubah opacity (transparansi) caption dengan mengklik tombol berbentuk kotak dan mengganti warnanya pada kotak pemilih warna. Hal tersebut berguna agar subtitle yang ditambahkan ke video terlihat jelas dan mudah dibaca.

Menggeser Posisi Subtitle Pada Klip

Selain itu, ada juga tombol kotak-kotak kecil untuk mengubah posisi subtitle pada frame video. Kamu juga dapat mengubah posisi subtitle-nya debih presisi dengan cara dengan menyeret nilai X dan Y tepat di sebelah tombol kotak-kotak kecil tersebut.

Selanjutnya, kamu juga bisa menyesuaikan durasi teks agar sesuai dengan suara dan durasi audio yang terdengar. Caranya dengan menyeret ujung bilah hitam pada klip caption. Disitu kamu juga dapat mengubah posisi waktu kapan subtitle akan tampak dengan menyeret bilah hitam tersebut. Nah, jika sudah selesai mengedit caption yang pertama, tambahkan lagi caption berikutnya dengan mengklik tombol “+” yang terletak di bagian bawah kanan panel caption. Kemudian seret bilah hitam tersebut untuk mengubah posisinya pada klip caption, dan lagi, seret ujung bilah hitam caption tersebut untuk menyesuaikannya dengan durasi bit audio berikutnya.

Cara membuat subtitle video di Premiere Pro CC.

Kemudian kembali lagi ke panel caption untuk mengetikkan teks untuk caption baru tersebut. Teks yang ditambahkan ke caption kedua akan mempertahankan format teks sama seperti format pada caption pertama. Jadi tidak perlu lagi repot mengubah format atau gaya serta ukuran teksnya di penambahan caption kedua dan caption berikutnya. Demikianlah cara seterusnya berulang-ulang untuk menambahkan teks-teks subtitle berikutnya pada video di Premiere Pro.

Menentukan Opisi Format File Caption via Pengaturan Export

Nah, setelah selesai membuat subtitle di Adobe Premiere Pro, saatnya untuk mengekspor video. Pada tab pengaturan Captions di kotak Export Settings, ada opsi ekspor yang memungkinkan kamu untuk burn subtitle ke video (Burn Captions Into Video), membuat file subtitle penggandeng (Create Sidecar File) dengan firmat file .srt seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini atau tidak menyertakannya (None).

Cara membuat subtitle dengan format file SRT di Premiere Pro.

Baca juga: Cara mengurangi ukuran file video tanpa mengurangi kualitasnya di Premiere Pro.

Itulah tadi cara membuat subtitle di Premiere Pro. Terimakasih sudah berkunjung ke artikel panduan Premiere Pro ini, jika ada pertanyaan atau sekedar masukan, silahkan tambahkan di kolom komentar di bawah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *