Cara Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress Self-hosted

Cara membuat website sendiri dengan mudah dan cepat.

Apakah kamu ingin tahu cara membuat website sendiri tanpa bantuan jasa pembuat website? Banyak pemula berpikiran bahwa membuat website merupakan pekerjaan yang sulit dan butuh biaya mahal. Jangan khawatir, kamu tidak sendirian!

Dengan begitu banyaknya orang membuat website menggunakan WordPress, Desainwp memutuskan untuk membuat tutorial membuat website langkah demi langkah secara komprehensif. Lebih jelasnya, mengenai panduan membuat website tanpa harus mempelajari web programming.

Panduan ini bermanfaat untuk pemula dari berbagai kalangan dan latar belakang, usia dan tingkat keterampilan. Namun, jika kamu memerlukan bantuan, kamu dapat menghubungi tim kami untuk membantu kamu membuat website kamu secara gratis.

Jika kamu ingin melakukannya sendiri, silakan terus ikuti langkah demi langkah panduan ini yang akan menjabarkan cara membuat website menggunakan WordPress.

Ikhtisar

Berikut adalah ikhtisar dari awal hingga akhir dari langkah-langkah yang akan diuraikan pada panduan ini.

  • Cara mencari ide dan mendaftarkan nama domain.
  • Memilih web hosting terbaik.
  • Cara menginstal WordPress.
  • Menginstal theme untuk mengubah desain website kamu.
  • Membuat halaman di WordPress.
  • Menyesuaikan WordPress sesuai keperluan menggunakan ekstensi atau plugin.
  • Sumber-sumber untuk mempelajari WordPress dan mendapatkan bantuan.
  • Melangkah lebih maju, membangun website dengan banyak fitur.

Sebelum kita mulai membuat website, mari kita terlebih dahulu membahas pertanyaan yang paling umum diajukan.

Apa yang Diperlukan untuk Membuat Website?

Karena kamu akan membangun sebuah website yang bebas kamu desain sedemikian rupa, disini kamu membutuhkan file-file instalasi CMS dari WordPress.org (bukan WordPress.com). Tapi yang terutama kamu butuh tiga hal berikut agar bisa mulai membuat website terbuat dari WordPress:

  1. Nama domain – Ini adalah nama website kamu contohnya facebook.com, youtube.com, google.com atau namakamu.com.
  2. Web Hosting – Ini adalah tempat menyimpan file-file website kamu.
  3. 30-60 menit perhatian penuh dalam menginstal platform website, dalam panduan ini menggunakan WordPress.

Berapa Biaya Membuat Website WordPress?

Jawabannya variatif, tergantung jenis website yang ingin kamu buat. Untuk membuat sebuah website bisa butuh Rp. 300.000 hingga Rp. 500.000.000 per tahun. Tergantung fitur, biaya membangun dan mendesain website tersebut. Jika kamu ingin membuat website berupa jenis blog, modal 300 ribu juga sudah bisa.

Jika kamu mengambil langkah serius untuk memulai sebuah website, Desainwp.com menyarankan untuk memulai dari paket web hosting terkecil yang sudah dilengkapi dengan control panel yang bagus, misalnya cpanel. Kemudian, seiring bertumbuhnya volume pengunjung website kamu dan berkembangnya bisnis kamu, bisa menambahkan lebih banyak fitur ke nantinya. Dengan cara ini, kamu akan menghemat uang dan menghindari pengeluaran yang berlebihan.

Dalam panduan ini, kamu akan mengikuti cara membuat website dengan harga kurang dari Rp. 1.000.000. Tergantung paket domain + hosting yang kamu pilih sesuai kebutuhan awal website kamu.

Selain itu, juga akan menunjukkan langkah lebih jauh dengan cara menambahkan fitur ke website untuk kamu lakukan kedepannya.

Platform Website Apa yang Terbaik Saat Ini?

Banyak website builder yang sangat membantu untuk membuat website. Tapi sangat disarankan untuk menggunakan WordPress yang di-host sendiri (self-hosted) sebagai platform website kamu.

WordPress adalah platform website paling populer di dunia. Saat artikel ini dibuat, lebih dari 30% website di internet terbuat dari WordPress.

Selain gratis, WordPress hadir dengan ribuan desain dan ekstensi (fitur tambahan) website. Sangat fleksibel dan mudah diintegrasikan ke berbagai software atau alat dan layanan pihak ketiga (contohnya layanan berbasis SaaS) untuk pemilik website.

Bagaimana Memaksimalkan Tutorial Cara Membuat Website Ini?

Ini adalah tutorial langkah demi langkah mengenai cara membuat website. Terbagi menjadi beberapa bagian dan panduannya lengkap dan mudah mulai dari awal hingga tuntas. Cukup ikuti petunjuknya sampai akhir dan jika dipraktekkan dengan baik dan benar, kamu akan memiliki website yang terlihat sangat profesional.

Disini juga akan diarahkan ke berbagai panduan yang benar untuk mengembangkan atau mendesain website kamu ke tingkat berikutnya sesuai dengan kebutuhan kamu.

Selamat mencoba membuat website sendiri dengan panduan ini!

Ingat, jika kamu memerlukan bantuan, kamu dapat menghubungi Desainwp.com dan kami akan membantu membuatkan website kamu tanpa harus membayar jasa kami. Mari kita mulai panduannya.

Langkah 1. Mempersiapkan Platform dan Server Website

Salah satu kesalahan yang sering dilakukan pemula adalah memilih platform website yang salah. Untungnya, kamu ada di sini sehingga kamu tidak akan membuat kesalahan tersebut.

Tidak diragukan lagi, website dengan platform dari WordPress.org yang di-host-sendiri adalah solusi sempurna. Didukung dengan ribuan desain atau theme gratis maupun premium dan fitur tambahan atau plugin yang memungkinkan kamu untuk membuat berbagai jenis website sesuai dengan ide kamu.

WordPress gratis bagi siapa saja yang ingin mendownload dan menggunakannya untuk membangun segala jenis website tanpa batasan.

Jika WordPress Gratis, Lantas Biaya untuk Apa yang Diperlukan?

WordPress gratis, tapi karena kamu harus mengatur nama domain dan sewa hosting milik kamu sendiri, kamu membutuhkan biaya. Untuk lebih lanjut mengenai topik ini, nanti juga akan dibahas pada artikel lain mengenai mengapa WordPress gratis.

Nama domain yang akan kamu beli adalah alamat website kamu di internet nantinya. Nama domain tersebutlah yang akan diketik orang di browser agar bisa membuka situs kamu (misalnya, desainwp.com atau google.com).

Selanjutnya, kamu memerlukan server yang disebut dengan hosting website atau web hosting. Semua website di internet membutuhkan hosting. Hosting tersebut akan menjadi rumah bagi website kamu di internet.

Harga nama domain biasanya sekitar Rp. 125.000 per tahun dan biaya web hosting standar untuk tahap awal sekitar Rp. 750.000 per tahun. Web hosting standar yang dimaksud adalah web hosting tingkat renah tapi sudah menggunakan cpanel, bisa hosting kurang lebih 10 nama domain dan mampu menampung 10.000-20.000 pengunjung per hari. Jadi cocok bagi siapa saja yang serius mengelola dan mengembangkan website.

Berlangganan Paket Web Hosting

Sebenarnya banyak paket web hosting yang lebih murah dari Rp. 750.000 per tahun. Jangan langsung tergiur dulu, sesuaikan dulu dengan kebutuhan website kamu sekarang dan yang akan datang. Karena paket web hosting murah biasanya menawarkan fitur dan kemampuan server yang terbatas juga. Contohnya, kamu bisa temui banyak paket web hosting seharga Rp. 150.000 s/d 300.000 per tahun. Tapi jumlah domain yang boleh kamu tambahkan, bandwidth per bulan dan disk space nya dibatasi. Misalnya, hanya boleh menambahkan 1 nama doman ke hosting, bandwidth hosting dibatasi sampai 500MB per bulan, space hosting yang diberikan hanya 500MB. Apalagi (yang paling sering disesalkan) nantinya harus membeli paket SSL berbayar yang harganya relatif mahal. Tentu bisa repot nantinya.

Nah, jika kamu ingin “memulai” dan serius jadi blogger profesional, atau membuat website usaha/bisnis, atau ingin membuat website toko online, Desainwp menyarankan paket hosting pelajar Niagahoster dengan harga sekitar Rp. 560.000 per tahun (di tahun pertama, karena lagi diskon) sejak artikel ini dibuat. Dan tahun-tahun berikutnya dikenakan biaya sekitar Rp. 800.000 per tahun. Alasannya, paket pelajar Niagahoster tersebut menawarkan disk space, bandwidth dan jumlah database yang tidak dibatasi (unlimited), boleh menambahkan 10 nama domain, dilengkapi dingan cPanel dan instant backup, 1 domain gratis, dan SSL gratis selamanya tak terbatas untuk berapa website pun. Fitur-fitur tersebut bisa dibilang sudah mewah, yang mana harganya bisa berkali-kali lipat jika berlangganan di penyedia hosting lain dengan fitur-fitur serupa. Kamu bisa bandingkan sendiri harga-harga paket web hosting untuk pemula.

Catatan: Desainwp berusaha agar menjaga transparansi dengan para pembaca. Jika kamu membeli hosting menggunakan link yang kami sarankan, maka kami akan mendapatkan komisi kecil tanpa biaya tambahan apapun. Bahkan, kamu akan mendapatkan diskon hosting + nama domain gratis. Desainwp akan mendapatkan komisi karena merekomendasikan perusahaan hosting ke orang lain. Disamping komisi tersebut, Desainwp hanya merekomendasikan produk yang bagus dan sepadan dengan harganya. Sehingga akan menjadi nilai tambah bagi pembaca setia Desainwp.

Mari kita lanjutkan dan belilah nama domain dan paket hosting untuk website kamu nantinya.

Pertama, buka situs Niagahoster di tab baru dan pilih salah satu paket hosting yang sesuai dengan kebutuhan website kamu.

Paket hosting murah dan berkualitas dari Niagahoster.

Setelah memilih paket hosting, nanti kamu akan diarahkan ke halaman penetapan harga tempat kamu harus menetapkan pilihan paket hosting untuk website kamu. Paket Pelajar dan Personal adalah pilihan hosting paling populer bagi pemula.

Pilihan share hosting untuk pemula di Niagahoster.

Pilih salah satu paket shared hosting yang kamu sukai dengan mengklik Pilih Sekarang dan melanjutkan ke langkah berikutnya. Di layar berikutnya, kamu akan diminta untuk memilih nama domain baru.

Pilih nama domain gratis saat ingin beli paket web hosting.

Idealnya nama domain menggunakan ekstensi .com. Pastikan itu nama yang ditentukan sesuai dengan bisnis kamu, atau topik blog yang ingin kamu buat. Usahakan cari nama yang mudah diucapkan dan mudah diingat.

Setelah memilih nama domain kamu, klik tombol Cari Domain. Jika sudah ketemu dengan nama domain yang masih tersedia, klik Tambahkan ke Cart.

Pada layar berikutnya, kamu juga akan melihat tambahan opsional yang bisa kamu beli. Kamu tidak harus membeli tambahan opsional tersebut sekarang, apalagi jika belum mengerti kegunaannya. Karena kamu dapat menambahkannya nanti, jika kamu merasa bahwa kamu benar-benar membutuhkannya.

Setelah diarahkan ke halaman selanjutnya, kamu akan dimintai data seperti nama, alamat, email, dll. Isi seuai data pribadi kamu dan klik Checkout Sekarang.

Checkout berlangganan web hosting di Niagahoster.

Selanjutnya, kamu akan menambahkan informasi pembayaran untuk menyelesaikan pembelian menggunakan berbagai opsi pembayaran.

Setelah menyelesaikan pembelian, jangan lupa menghubungi Customer Service Niaga hoster untuk mengkonfirmasi pembayaran dan agar akun hosting kamu segera diproses. Setelah itu, kamu akan menerima email berisi detail tentang cara masuk ke akun control panel web hosting kamu (cPanel).

Control panel tersebut adalah dasbor hosting tempat kamu mengelola segala sesuatu yang berkaitan dengan file website kamu. Seperti mendapatkan bantuan, mengatur email, dll. Yang terpenting, panel tersebut adalah tempat kamu menginstal WordPress.

Langkah 2. Instal WordPress

Pada dasbor cPanel, kamu akan melihat banyak tombol ikon untuk melakukan berbagai hal untuk website kamu. Kamu tidak perlu menggunakan semuanya, jadi, fokus saja pada tombol ikon yang kamu perlukan dalam membuat website sendiri.

Jika sudah login ke dasbor cPanel kamu, gulir ke bawah ke bagian Softaculous Apps Installer dan kemudian klik ikon WordPress seperti yang terlihat pada screenshot di bawah ini. Atau, kamu juga bisa menggunakan cara manual menginstal WordPress jika kamu ingin langsung menambahkan bahasa dan mengamankan website kamu agar tidak rentan terhadap serangan hacker.

Ikon WordPress pada kolom Softacullous Apps Installer di cPanel.

Kemudian akan diarahkan ke halaman install cepat WordPress menggunakan Softacullous. Pada layar tersebut, akan diminta untuk memilih nama domain tempat instalasi WordPress. Pilih domain kamu dari bidang dropdown, isi nama website dan slogan website sesuai keinginan kamu, data login admin, dll. Jangan khawatir untuk mengisi data tersebut, kamu dapat mengubahnya nanti di pengaturan WordPress jika perlu.

Menginstal cepat WordPress menggunakan Softacullous.

Kemudian klik Install pada bagian paling bawah. Kamu juga bisa mengisi kolom email untuk pemberitahuan hasil pengistalan seperti yang terlihat di screenshot di bawah.

Tombol Install WordPress pada Suftacullous di cPanel.

Setelah mengklik tombol Install, instalasi WordPress akan berjalan secara otomatis dalam hitungan detik. Dan jika instalasi bwerhasil, maka akan muncul tampilan seperti berikut.

Instalasi WordPress menggunakan Suftacullous berhasil dilakukan.

Selamat! Kamu telah berhasil membuat website pertama kamu!

Di halaman tersebut kamu bisa melihat link untuk menuju ke halaman login WordPress kamu. URL loginnya terlihat seperti ini: https://www.desainwp.com/wp-admin

Kamu bisa masuk ke website WordPress buatan kamu tadi menggunakan nama admin dan kata sandi yang kamu masukkan saat instalasi tadi.

Gimana, mudah bukan? Sekarang mari kita beralih ke langkah selanjutnya dan pilih desain website kamu.

3. Pilih Theme WordPress

Tampilan visual website atau desain WordPress dikendalikan oleh theme WordPress. Theme WordPress adalah template yang dirancang secara profesional yang bisa kamu instal di website kamu untuk mengubah tampilan atau desainnya.

Secara default, setiap website WordPress dilengkapi dengan theme biasa. Jika kamu mengunjungi website yang baru saja kamu buat menggunakan WordPress, maka tampilannya akan terlihat seperti ini:

Secara default, instalasi WordPress menggunakan theme biasa.

Tentu tampilan tersebut kurang menarik buat kamu. Tapi jangan khawatir, ada ribuan theme WordPress gratis atau berbayar yang dapat kamu pasang di website kamu.

Anda bisa mengubah theme di dasbor admin WordPress. Geser cursor mouse kamu ke Appearance (Penampilan), lalu klik opsi Themes (Tema). Kemudian klik tombol Add new (Tambah baru).

Jika theme-theme yang ada di WordPress kamu kurang cocok, kamu bisa mencari dan memilih dari 5.000+ theme gratis yang tersedia di direktori resmi WordPress.org. Kamu bisa mencari dengan mengurutkannya berdasarkan populer, terbaru, fitur, serta filter fitur lainnya (yaitu industri, tata letak, dll).

Pada panduan ini, kita akan akan menggunakan theme Bento. Merupakan theme WordPress gratis yang sederhana yang cocok untuk berbagai jenis website baik publishing atau blog ataupun toko online. Jika kamu tahu nama theme gratis lain dan ingin kamu pasang, kamu dapat mencarinya dengan memasukkan nama them tersebut di kotak pencarian theme setelah kengklik tombol Add new tadi.

Cara mencari theme gratis di dasbor admin WordPress.

WordPress akan menampilkan theme pada hasil pencarian. Geser cursor mouse kamu ke them tersebut dan kemudian klik tombol Install.

Setelah proses menginstal theme selesai, klik Activate. Kamu dapat menyesuaikan desain theme tersebut dengan mengklik link Customize di bawah menu Appearance sebelah kiri dasbor admin.

Fitur Customize akan meluncurkan penyesuai theme tempat kamu dapat mengubah pengaturan theme dengan pratinjau atau melihat langsung versi perubahan desain website kamu.

Anda tidak perlu langsung menyelesaikan semua pengaturan theme. Kamu juga bisa menyesuaikan desain theme kamu jauh lebih bagus setelah kamu memiliki beberapa konten (isi atau artikel) di website kamu.

Mari kita lanjut ke cara menambahkan konten ke website WordPress.

Langkah 4. Tambahkan Konten ke Website Kamu

WordPress hadir dengan dua jenis konten default yang disebut dengan posts dan pages. Posts adalah bagian dari website yang muncul dalam urutan kronologis terbalik (post yang lebih baru ditampilkan terlebih dahulu).

Di sisi lain, pages yang dimaksudkan adalah jenis konten statis “one-off” seperti halaman tentang (about) situs kamu, halaman contact, kebijakan privasi, dll.

Secara default, WordPress menampilkan posting blog website di halaman depan. Tapi kamu dapat mengubahnya, dan membuat halaman depan WordPress menampilkan halaman yang kamu tentukan (akan dipandu cara melakukannya nanti dalam artikel ini).

Kamu bisa membuat halaman terpisah untuk bagian blog atau berita. Bahkan, kamu juga dapat membuat website tanpa bagian blog sama sekali.

Oleh karena itu, mari tambahkan beberapa konten ke website kamu terlebih dahulu.

Menambah Halaman Website

Mulailah dengan menambahkan beberapa halaman ke situs WordPress kamu. Jangan khawatir jika kamu tidak punya cukup konten untuk halaman-halaman yang akan kamu buat. Kamu selalu bisa mengedit dan memperbaruinya nanti.

Geser cursor mouse kamu ke Pages → Add New di dasbor sebelah kiri admin WordPress. Kamu akan diarahkan ke layar editor halaman, yang terlihat seperti gambar di bawah ini:

Pertama-tama, beri judul untuk halaman yang sedang kamu buat, beri saja judul “Home”.

Setelah itu, kamu boleh menambahkan konten di editor teks di bawah ini. Anda bisa menambahkan teks, link, gambar, embed video, audio, dll.

Setelah menambahkan konten ke halaman yang sedang dibuat ini, klik tombol Publish (Terbitkan) untuk membuatnya terlihat di website kamu.

Jika kamu ingin menambahkan halaman lagi, kamu bisa mengulangi proses di atas untuk menambahkan beberapa halaman sebagai bagian website kamu. Misalnya, halaman tentang, hubungi kami, dan halaman blog untuk menampilkan daftar postingan.

Menambah Postingan Blog

Sekarang, mari kita tambahkan beberapa postingan blog juga. Buka PostsAdd new di daftar menu sebelah kiri dasbor admin WordPress kamu.

Kamu akan melihat layar editor teks seperti yang kamu lihat saat menambahkan halaman. Kamu boleh menambahkan judul postingan dan kemudian menambahkan konten di editor tersebut. Kamu juga akan melihat beberapa opsi tambahan seperti post format, category dan tag.

Jika sudah selesai menambahkan konten ke postingan kamu, klik tombol Save Draft untuk menyimpan postingan sebagai konsep (jika belum selesai mengerjakan) atau klik pada tombol Publish agar terlihat di website kamu.

Langkah 5. Meng-kustomisasi dan Menukangi Website Kamu

Sekarang kamu sudah membuat beberapa konten di website kamu, kamu bisa menyesuaikan dan menata semuanya agar terlihat rapi. Mari kita mulai dengan mempersiapkan halaman depan statis (static front page).

Mempersiapkan Halaman Depan Statis

Buka halaman Settings → Reading di blok sebelah kiri dasbor admin WordPress kamu. Pada opsi “Front page displays“centang pada A static page lalu pilih Home untuk opsi “Front page” dan pilih Blog untuk “Posts page”.

Memilih halaman static WordPress sebagai front page website.

Jangan lupa klik tombol “Save Changes” di bagian bawah untuk menyimpan perubahan yang kamu buat.

Website kamu sekarang menggunakan halaman berjudul “Home” sebagai halaman depan situs kamu dan model “Blog” untuk menampilkan daftar postingan yang ada di website kamu.

Ubah Judul dan Sloga Website

Jika pada saat instalasi WordPress sebelumnya kamu tidak membuat judul (title) dan slogan (tagline) website kamu. WordPress secara otomatis menambahkan tagline dengan tulisan “Just another WordPress site”.

Anda dapat mengubah judul dan tagline situs kamu kapan saja dengan membuka SettingsGeneral.

Mengubah judul dan slogan website WordPress.

Judul situs biasanya dituliskan dengan nama atau domain situs itu sendiri, misalhnya Desainwp atau Desainwp.com. Baris tagline biasanya berupa suatu baris slogan yang menjadi motto website kamu. Kamu juga boleh membiarkan baris tagline kosong jika kamu mau.

Jangan lupa mengklik tombol Save Changes untuk menyimpan pengaturan yang barusan kamu ubah.

Sesuaikan Pengaturan Komentar

WordPress dilengkapi dengan sistem komentar internal yang memungkinkan pengunjung situs kamu bisa meninggalkan komentar pada postingan website kamu. Fitur ini bagus untuk meningkatkan “user engagement” (keterlibatan pengguna), tetapi fitur ini sering disalahgunakan oleh spammer.

Untuk mengatasinya, kamu harus mengaktifkan comment moderation (menyeleksi komentar untuk di tampilkan) di website kamu.

Buka SettingsDiscussions dan gulir ke bawah ke bagian “Before a comment appears”. Centang kotak di sebelah opsi “Comment must be manually approved” (Komentar yang masuk harus disetujui secara manual).

Menyesuaikan pengaturan komentar pada admin WordPress.

Jangan lupa klik tombol Save Changes untuk menyimpan baru saja kamu buat.

Buat Navigasi Menu

Menu navigasi memungkinkan pengunjung menelusuri halaman atau bagian-bagian website kamu. WordPress dilengkapi dengan sistem menu navigasi yang tangguh, dan theme WordPress yang kamu gunakan menggunakan sistem tersebut untuk menampilkan menu dengan desain tersendiri.

Membuat navigasi menu pada WordPress

Sekarang kita menambahkan navigasi menu ke website kamu.

Pertama, buka halaman AppearanceMenus. Beri nama untuk menu navigasi yang akan kamu buat dan klik tombol Create Menu.

Menambahkan navigasi menu di WordPress.

WordPress kemudian akan membuat navigasi menu untuk website kamu. Tapi masih kosong, belum ada menu.

Selanjutnya, kamu perlu memilih halaman yang ingin kamu tampilkan di navigasi tersebut dan kemudian klik tombol Add to Menu.

Menambahkan menu ke navigasi di WordPress.

Sekarang kamu harus memilih lokasi tampilan. Lokasi-lokasinya berdasarkan desain theme WordPress yang kamu gunakan. Biasanya, theme WordPress memiliki menu utama yang muncul di bagian atas website.

Selanjutnya klik tombol Save Menu untuk menyimpan navigasi menu yang baru saja kamu buat.

Kamu sekarang dapat mengunjungi website kamu untuk melihat tampilan menu tersebut.

Langkah 6. Menginstal Plugin

Plugin WordPress adalah seperti aplikasi yang memperlengkali website kamu. Plugin memungkinkan kamu untuk menambahkan fitur ke website kamu. Misalnya fitur formulir contact, galeri foto, forum, toko online, dll.

Saat ini ada lebih dari 55.000 plugin gratis tersedia secara resmi untuk pengguna WordPress. Tapi ada juga plugin berbayar yang dijual oleh pengembang website pihak ketiga. Biasanya plugin berbayar memiliki fungsi dan desain lebih bagus ketimbang yang gratisan. Tapi jika kamu menelusuri dan mencari plugin gratis dengan seksama, kamu pasi menemukan plugin gratis yang tidak kalah bagus dengan plugin berbayar.

Dengan begitu banyaknya plugin yang tersedia di WordPress, bagaimana kamu menentukan plugin mana yang harus diinstal? Kamu bisa mengikuti panduan mengenai cara memilih plugin terbaik untuk WordPress yang tersedia di berbagai sumber online.

Berikut ini adalah daftar plugin penting yang mungkin perlu kamu instal di website kamu sekarang. Semuanya gratis.

Fitur Website

  • WPForms Lite – Menambahkan formulir kontak ke website kamu.
  • Envira Gallery Lite – Menambahkan galeri foto atau gambar ke website kamu.
  • MonsterInsights – Menghubungkan website ke Google Analytics dan melihat statistik pengunjung dalam menemukan dan menggunakan website kamu, sehingga kamu dapat mengembangkan konten yang dibutuhkan pengunjung kamu.

Optimasi Website

  • Yoast SEO – Tingkatkan SEO website kamu dan dapatkan pengunjung lebih banyak dari Google
  • WP Super Cache – Meningkatkan kecepatan website kamu dengan menyajikan cache untuk setiap halaman website kamu.

Keamanan Website

  • Updraft Plus – Buat backup website (cadangan) yang terjadwal secara otomatis.
  • Sucuri – Audit keamanan website dan men-scan malware atau virus.

Masih banyak rekomendasi plugin lainnya jika kebutuhan situs kamu semakin meningkat.

Langkah 7. Menguasai WordPress

WordPress mudah digunakan dan juga sangat powerful. Dari waktu ke waktu dalam mengembangkan website WordPress kamu, kamu mungkin mencari jawaban cepat atas hal-hal yang berkaitan dengan fitur dan desain WordPress.

Untungnya ada begitu banyak bantuan WordPress yang tersedia secara gratis di internet. Kamu bisa mencari jawaban menggunakan Google mengenai hal-hal yang perlu kamu kuasai terkait WordPress.

Atau mungkin kamu tidak dapat menemukan jawabannya melalui Google. jangan kawatir, karena kamu bisa bergabung ke forum-forum online yang membahas berbagai masalah yang terkait dengan penggunaan WordPress. Di sana kamu bisa bertanya kepada orang-orang yang berpengalaman menggunakan WordPress.

Langkah 8. Melangkah Lebih Maju Bersama WordPress

Pada artikel ini Desainwp sudah menunjukkan cara membuat website sendiri menggunakan WordPress, menambahkan theme unduk desain-nya, dan rekomendasi untuk menginstal plugin-plugin penting.

Ingin mendalami WordPress lebih jauh?

Kamu bisa menggunakan WordPress untuk membuat “website niche” yang powerful dan mampu melakukannya lebih kreatif dan inovatif. Inilah hal-hal penting yang perlu kamu pelajari jika ingin mendalami WordPress lebih lagi.

  • Membuat toko online menggunakan WordPress (eCommerce)
  • Membuat podcast sendiri di WordPress.
  • Membuat website keanggotaan.
  • Membuat website direktori (link, produk, harga, layanan, dll.)
  • Membuat website kupon.
  • Membuat website ulasan produk.
  • Membuat website multibahasa.
  • Membuat website biro lowongan kerja.
  • Membuat website tanya jawab.
  • Membuat website wiki.

Dan masih banyak lagi jenis-jenis website yang bisa dibuat menggunakan WordPress. Siapapun bisa mendalami WordPress dan mengembangkannya menjadi sebuah website dengan fungsi sesuai yang diinginkan asal ada kemauan kuat dan belajar serta praktek langsung dengan tekun.

Pertanyaan yang Sering Muncul di Kalangan Pemula

Setelah membantu dan membimbing dengan banyak orang terkait cara membuat website sendiri menggunakan WordPress, ada banyak pertanyaan yang diajukan Khususnya dari kalangan pemula yang masih belum tahu membuat website sama sekali. Di bawah ini adalah jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang paling sering diajukan tentang cara membuat website sendiri.

Apakah WordPress Satu-satunya Platform untuk Membuat Website?

Tidak, ada banyak website builder (pembangun website) lain selain WordPress. Tapi kami sangat yakin bahwa WordPress adalah platform website terbaik dan termudah untuk digunakan.

Bagaimana Cara Menghasilkan Uang dari Website Saya?

Setelah membantu membuat website, ini adalah pertanyaan yang paling sering diajukan. Ada banyak cara untuk menghasilkan uang secara online menggunakan website sendiri secara online. Akan tetapi, perlu diingat bahwa mencari uang secara online bukan;ah skema cepat kaya. Jika kamu mencari cara cepat kaya dengan menghasilkan uang secara online, maka, maaf, tidak ada cara seperti itu.

Bagaimana Cara Memulai Website yang Bisa Menjual Produk atau Jasa?

Kamu dapat dengan mudah menambahkan toko online ke website WordPress kamu. Di lain kesempatan, Desainwp akan membuat daftar plugin eCommerce terbaik untuk WordPress. Juga akan dibuat panduan langkah demi langkah mengenai cara membuat toko online menggunakan WordPress.

Apakah Perlu Menguasai HTML dan CSS untuk Membuat dan Mendesain Website?

Tidak perlu menguasai HTML dan CSS untuk membuat website menggunakan WordPress. Kamu dapat menggunakan salah satu plugin “drag & drop” untuk mendesain WordPress kamu dan menyesuaikannya sesuai selera kamu.

Bagaimana Cara Membuat Website Secara Gratis?

Beberapa website builder mungkin menawarkan opsi gratis, bahkan ada penyedia hosting yang menawarkan hosting dan domain gratis. Tapi, sangat tidak disarankan untuk menggunakannya, karena biasanya layanan-layanan gratis seperti itu akan memanfaatkan konten kamu untuk memasukkan branding dan iklan mereka. Sehingga website atau blog kamu tidak terlihat profesional.

Disamping itu, kamu juga susah menghasilkan uang secara online. Karena biasanya persyaratan program-program partnership atau affiliate ternama seperti Adsense, Amazon, Aliexpress atau apapun itu, harus mendaftar menggunakan website yang ber-domain TLD (Top Level Domain) yang umumnya tidak gratis. Dan hosting gratis (seperti WordPress.com) tidak memperbolehkan tampilan iklan Adsense atau ads pihak ketiga lainnya.

Oleh karena itu, lebih baik membeli nama domain dan berlangganan web hosting sedari awal membuat website sendiri, sehingga kamu memiliki kepemilikan penuh atas website kamu. Dan kamupun bebas berkreasi dan berinovasi mengembangkan website kamu menjadi seperti yang kamu impikan.

Bisakah Saya Membuat Website Seperti eBay, Bukalapak atau Tokopedia?

Ya, tentu saja kamu dapat dengan mudah membuat website eCommerce seperti situs-situs besar tersebut menggunakan plugin toko online atau plugin lelang untuk WordPress. Desainwp juga sedang mempersiapkan panduan langkah demi langkah mengenai cara membuat website lelang online seperti eBay atau website multi-vendor seperti Bukalapak atau Tokopedia menggunakan WordPress.

Bisakah Saya Mendapatkan Domain Gratis untuk Website Saya?

Ya, biasanya perusahaan penyedia layanan web hosting menawarkan domain gratis jika kamu baru memulai website baru di salah satu paket hosting mereka.

Bisakah Saya Membuat Website seperti Facebook?

Ya, kamu tentu bisa menggunakan WordPress untuk mengubah website kamu menjadi sebuah situs jejaring sosial. Desainwp juga akan mempersiapkan panduan langkah demi langkah mengenai cara membuat website seperti Facebook menggunakan WordPress.

Bisakah Saya Membuat Website Forum Menggunakan WordPress?

Bisa. Kamu dapat menggunakan salah satu plugin forum WordPress untuk membangun website dengan fitur forum.

Desainwp berharap panduan cara membuat website ini dapat membantu kamu untuk mempelajari WordPress tanpa menyewa jasa web developer atau web designer. Dengan demikian, kamu tiak perlu mengeluarkan uang terlalu banyak.

Itulah tadi panduan lengkap mengenai cara membuat website sendiri menggunakan WordPress serta beberapa penjelasan singkat mengenai hal-hal tertentu yang mungkin juga kamu pertanyakan. Jika kamu menyukai artikel ini, silakan bookmark atau bagikan ke wall media sosial kamu. Semoga bermanfaat!

One thought to “Cara Membuat Website Sendiri Menggunakan WordPress Self-hosted”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *