Cara mengurangi ukuran file video tanpa mengurangi kualitas.

Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas di Premiere Pro

Halo guys! Pada kesempatan kali ini kita akan mengulas bagaimana cara mengompres atau memperkecil ukuran file video yang kita edit di Adobe Premiere Pro. Kalau kamu merasa membaca artikel ini terlalu lama, bisa juga bisa langsung melihat video tutorial di bawah ini bagaimana cara memperkecil ukuran video tanpa mengurangi kualitas di Premiere Pro.

Pada saat ingin meng-export project video yang kamu edit, dengan membuka menu File → Export → Media, atau lebih singkatnya dengan menekan Ctrl + M secara bersamaan.

Pengaturan export di Premiere Pro

Nah, pada kotak setingan export tersebut, kamu bisa melihat estimasi ukuran file yang akan dihasilkan pada saat selesai di export nanti.

Pada project saya, perkiraan ukuran file videonya nanti sekitar 1,4GB dengan preset Match Source – High Bitrate. Tugas kita disini adalah mengurangi atau mengompres ukuran file video yang akan dihasilkan nanti tanpa mengurangi kualitas grafik videonya secara signifikan.

Untuk melakukannya, yang perlu kita lakukan adalah mengurangi ukuran bitrate video yang akan dihasilkan nanti. Tapi sebelum mengurangi ukuran bitrate videonya, kita perlu mengetahui apa arti Bitrate. Apalagi jika kita sering-sering mengedit video, terutama bagi para vlogger yang sering membuat konten video untuk di publikasikan secara online. Tentu sering meng-upload video, bukan?

Jika ukuran file videonya terlalu besar, sudah pasti waktu upload-nya terlalu lama. Belum lagi untuk meng-upload video berukuran besar membutuhkan paket data yang tidak sedikit juga. Jika seperti itu keadaannya, tentu tidak efisien dalam penghematan waktu dan paket data. Coba hitung-hitung berapa banyak uang yang harus kamu keluarkan untuk membeli paket data khusus upload video, terutama bagi para vlogger.

Pengertian Bitrate

Arti Bitrate adalah jumlah ukuran data yang dikodekan (encode) untuk video dalam jangka waktu tertentu. Nah, pada premiere Pro, ukuran bitrate hasil export videonya diberi dengan satuan Mbps atau MB per detik. Jadi, tugas kita disini adalah untuk memperkecil ukuran jumlah data per detik, pada video yang akan dieksport nanti.

Untuk mengubahnya, pertama-tama mengubah preset-nya terlebih dahulu. Jika kamu ingin memiliki kualitas grafik video yang tinggi, tentunya membutuhkan nilai bitrate yang tinggi juga. Tapi kamu mungkin tidak ingin video yang akan di-export ukuran file-nya terlalu besar.

Jadi, preset Match Source dengan Adactive High Bitrate tentu saja tidak cocok buat kamu jika ingin ukuran file videonya tidak terlalu besar ya. Oleh karena itu, direkomendasikan menggunakan preset Match Source – High Bitrate.

Mengurangi Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitasnya

Nah, setelah kamu mengubah preset-nya, disitu kamu juga bisa lihat perkiraan ukuran file video setelah dieksport nanti. Mungkin masih terlalu besar ukurannya ya!

Tapi jika klip video kamu adalah 30fps, kamu tidak perlu ragu mengurangi Target Bitrate-nya, misalnya menjadi sekitar 5 atau 6. Lalu bagaimana jika seperti yang saya punya ini, yaitu sekitar 1,4GB. Tentu saya perlu mengurangi Target Bitrate-nya lebih dari setengahnya.

Yaitu, sekitar 1,03 bitrate. Sehingga, perkiraan ukuran file video yang akan diexport nanti menjadi hanya 170MB, sesuai dengan keinginan saya.

Mengurangi bitrate video sebelum export di Premiere Pro.

Nah, mungkin kamu juga memiliki estimasi file size yang lebih dari 1GB ya, dan mengompresnya menjadi sekitar 300MB sudah cukup buat kamu. Agar kualitas video-nya tidak terlalu banyak berkurang.

Pada kotak dialog setingan media saat ingin mengexport video tersebut, kamu bisa mengaturnya sesuai dengan keinginan atau kebutuhan, seperti apa video yang ingin kamu hasilkan.

Setelah selesai menentukan ukuran Target Bitrate-nya langsung saja export videonya. Tunggu sampai selesai! Jika export videonya sudah selesai, coba lihat terlebih dahulu hasil export videonya. Putar dulu videonya. Jika kualitas grafik videonya bagus, berarti kompres file video tanpa mengurangi kualitas video yang kamu lakukan sudah berhasil.

Pada hasil export video yang saya lakukan, dari ukuran sekitar 1,4GB bisa menjadi hanya 148MB setelah diexport pada Premiere Pro tanpa mengurangi kualitas video secara signifikan. Sangat jauh berkurang ukuran file-nya, bukan?

Nah, itulah tadi cara mengurangi ukuran file video tanpa mengurangi kualitasnya di Premiere Pro. Cukup mudah ya, guys!

Terimakasih sudah mampir ke blog ini. Jangan lupa klik tombol subscribe pada video di atas ya guys, agar mendapatkan notifikasi video-video tutorial bermanfaat lainnya dari channel Kepo Art Studio. Sampai jumpa di artikel selanjutnya!

1 thought on “Cara Memperkecil Ukuran Video Tanpa Mengurangi Kualitas di Premiere Pro”

  1. Pingback: Cara Membuat Subtitle di Adobe Premiere Pro CC

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *