Cara menghilangkan background di Photoshop.

Cara Menghapus Background di Photoshop (Versi CC dan CS)

Halo guys, artikel kali ini adalah tutorial cara menghapus background di Photoshop. Untuk menghilangkan background foto di Photoshop, ikuti langkah-langkah yang diuraikan di bawah ini. Kamu juga bisa menonton videonya agar lebih jelas lagi mengikuti panduannya.

Pertama-tama, buka foto atau gambar yang ingin diedit dengan cara mengklik menu File → Open, lalu cari lokasi file foto dan double klik pada file-nya. Pastikan layernya terkunci agar gambarnya bisa diedit. Jika masih terkunci, kamu perlu unlock layernya dengan cara mengklik ikon bergambar gembok pada layernya. Tapi jika membuka gambar dengan cara drag & drop, gambarnya akan menjadi Smart Object. Jadi perlu di-rasterize terlebih dahulu agar gambarnya bisa diedit. Caranya, klik kanan pada layer, lalu pilih Rasterize Layer.

Melakukan Seleksi pada Objek Gambar

Langkah selanjutnya adalah melakukan seleksi pada objek. Kamu bisa menggunakan Quick Selection Tool (W) jika perbedaan warna antara objek gambar dan backgroundnya sangat berbeda. Atau menggunakan Magic Wand Tool (W) jika batas tepi objek gambar tidak rumit lekukannya. Tapi jika warna objek gambar dan backgroundnya tidak terlalu berbeda, disarankan menggunakan Pen Tool untuk melakukan seleksi agar pemisahannya lebih akurat. Pada tutorial ini, karena warna objek dan backgrounnya jauh sangat berbeda, dan batas tepi objek gambar agak rumit, misalnya seperti area rambut, maka saya akan menggunakan Quick Selection Tool (W) untuk melakukan seleksi. Agar pemisahan objek dan background lebih rapi dibandingkan menggunakan Magic Wand Tool (W).

Langsung saja kita mulai melakukan seleksi pada objek. Caranya, klik Quick Selection Tool (W) dan perbesar ukuran pixel seleksinya di option bar sesuai dengan kedetilan objek. Tapi sebelum menggunakannya, jika Photoshop kamu adalah versi CC, klik tombol Select Subject pada Option Bar kemudian rapikan seleksinya menggunakan Quick Selection Tool. Tapi jika Photoshop kamu adalah versi CS, kamu bisa langsung melakukan seleksi secara manual.

Nah, di Option Bar, kamu bisa mengklik tombol Add to Selection yang berikon kuas dengan tanda “+” untuk memasukkan area tertentu ke seleksi. Atau menggunakan tombol Substract from Selection yang berikon kuas dengan tanda “-” untuk mengeluarkan area tertentu dari seleksi.

Menggunakan Refine Edge Tool untuk Menyeleksi Tepi

Setelah selesai melakukan seleksi pada objek gambar, pada Photoshop versi CC, buka menu Select, lalu arahkan cursor ke opsi Select and Mask, sambil menekan tombol Shift pada keyboard, klik Select and Mask untuk membuka jendela pengaturan Refine Edge. Jika Photoshop kamu adalah versi CS, tinggal buka menu Select → Refine Edge.

Jika kamu buka drop down View Mode, kamu bisa melihat objek yang diseleksi dengan background yang bermacam-macam. Nah, View Mode ini kegunaannya adalah untuk memudahkan kamu melihat batas garis seleksi yang memisahkan objek dan background-nya. Pada tutorial ini, saya akan memilih On Black (A) karena lebih mudah melihat perbedaannya pada background hitam. Kemudian centang opsi Smart Radius dan naikkan radiusnya sekitar 5 s/d 8 pixel. Lalu klik Refine Radius Tool (E) dan pada option bar, sesuaikan ukuran tool-nya dengan area rumit di tepi objek yang ingin kamu rapikan seleksi tepi-nya. Dengan menahan klik dan menggeser mouse, goreskan pada area tepi yang rumit atau detil, misalnya seperti area tepi rambut. Jika sudah selesai, angkat klik mouse. Nah, seleksi area yang rumit tadi sudah dirapihkan.

Menghapus Sisa Warna Background

Sebagai sentuhan akhir, mungkin kamu melihat ada sisa-sisa warna background yang terikut ke seleksi setelah melakukan refine edge. Oleh karena itu, centang Decontaminate Colors untuk membersihkannya. Naikkan nilai persentase-nya jika diperlukan dan amati hasilnya sampai sisa-sisa warna background sudah tidak ada lagi.

Direkomendasikan untuk dibaca: Cara memanipulasi warna di Photoshop.

Lalu untuk mengeksekusi hasil editannya, disarankan untuk memilih opsi Output to: New Layer with Layer Mask. Setelah itu klik OK untuk menutup jendela pengaturan Refine Edge.

Sampai tahap, seluruh area dan sisa-sisa warna background sudah hilang. Tapi jika terdapat area tepi objek yang agak ngeblur karena diakibatkan oleh refine edge tadi, duplikat layernya dan area tepi objek akan terlihat jelas kembali. Background-nya sudah hilang dan berubah menjadi transparan.

Nah, itulah tadi cara menghapus background di Photoshop, semoga bermanfaat! Terimakasih sudah mampir ke blog ini, dan jangan sungkan untuk bertanya jika ada yang ingin ditanya dengan berkomentar di kolom komentar di bawah. Sampai jumpa di artikel tutorial Photoshop berikutnya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *