5 Keuntungan Membeli Tema WordPress Berbayar (Premium)

Sebagai pengguna WordPress self-hosted, mungkin kamu bertanya kenapa mesti membeli tema WordPress berbayar atau theme premium. Sementara banyak tema WordPress gratis yang terbilag bagus-bagus juga.

Secara keseluruhan kita mengetahui kalau WordPress adalah sebuah CMS (Content Management System) open source dan gratis. Namun kalau kamu berpandangan bahwa kamu dapat memperoleh segala sesuatunya secara cuma-cuma sementara kamu bersungguh-sungguh untuk berpenghasilan dari situs atau blog yang kamu kelola, kamu salah.

Sebagai blogger, kamu sebelumnya perlu memodalkan uang kamu sebelum berpenghasilan dari blog. Karna diperlukan modal agar penghasilan dalam dunia blogging maupun usaha online kamu lebih maksimal dan terbilang mencukupi atau layak.

Pada umumnya, theme WordPress gratis tidak membuat tampilan blog jadi menarik seperti yang ditawarkan oleh theme premium. Kebanyakan diantaranya memiliki bentuk yang terlalu bersahaja dan tampak kurang profesional dan loadingnya lambat di browser kalau kita bandingkan dengan rata-rata tema WordPress yang berbayar.

Kalau kamu memakai theme WordPress gratis, besar kemungkinannya bikin kamu kehilangan data pada blog milik kamu. Karna pada umumnya pengkodean tema gratis kurang bagus dan kurang diperhatikan oleh developernya. Dalam kasus seperti itu, kamu tidak dapat mempersalahkan siapapun. Dan kamu pun bisa merugi lebih banyak secara keseluruhan, waktu dan daya yang sudah kamu pergunakan dalam mendirikan dan mengelola blog atau situs yang sebelumnya dengan maksud agar bisa produktif atau menghasilkan uang. Hal tersebut merupakan alasan penting kenapa kamu mesti memikirkan dengan cermat agar menginvestasikan sekitar beberapa puluh dolar untuk memakai tema premium WordPress ketimbang yang gratis atau murahan.

5 Hal Penting Mengapa Mesti Menggunakan Tema WordPress Premium

Berikut ini sejumlah alasan mengapa kamu semestinya menggunakan tema WordPress premium kalau ingin mendirikan website usaha, blog atau website yang diperuntukkan untuk peoduktif berpenghasilan.

1. Alasan Keamanan Situs

Perlu diketahui bahwa faktanya banyak peretas mencari website yang memakai tema gratis, apalagi WordPress? Karena WordPress lah yang CMS yang paling banyak digunakan di seluruh dunia. Secara keseluruhan peretas memahami atau mencari loophole (kelemahan) bagaimana agar dapat memperoleh jalan masuk ke website atau blog yang memakai tema gratis.

Kamu tidak bisa bergantung kepada tema gratis, mayoritas tema WordPress gratis tertanam kode riskan yang bisa jadi celah atau kelemahan security website WordPress kamu. Tidak jarang pemula berpandangan bahwa memakai tema gratis itu lebih ekonomis, namun sebetulnya tidak secara keseluruhan.

Jadi, kalau kamu betul-betul ingin berpenghasilan online melalui blog atau situs WordPress kamu, kamu mesti mau memodalkan uang untuk pengembangan website kamu. Salah satu diantaranya adalah membeli tema premium. Lain hal jika kamu memiliki keahlian web design dan ingin mengembangkan tema WordPress buatan sendiri.

2. Mesin Pencari

Tidak secara keseluruhan Theme WP compatibel terhadap search engine secara bawaannya. Karna developer tema mesti membuatnya dengan serius dan kerja keras agar bisa bikin theme yang kompatibel kepada mesin pencari agar bisa memaksimalkan trafik organik ke website kamu. Hal tersebut merupakan alasan kenapa umumnya blog yang memakai tema gratis jarang memperoleh pengunjung yang mmpunidari via mesin pencari, misalnya dari Google.

Trafik dari mesin pencari (trafik organik) ialah unsur utama bagi tiap usaha online agar bisa produktif. Kalau kamu mengoperasikan suatu blog maupun usaha daring, tanpa trafik organik kamu susah memperoleh income, komisi kerjasama (afiliasi) ataupun penjualan. Dengan memakai tema yang teroptimasi terhadap mesin pencari (SEO friendly atau ramah mesin pencari), kamu bukan hanya akan memaksimalkan trafik organik ke situs kamu, tapi kamu juga berdampak terhadap pengalaman pengujung situs kamu. Rata-rata tema WordPress berbayar dikonsentrasikan pada kenaikan trafik organik.

3. Bantuan Terhadap Customer (Pengguna Tema)

Kamu akan jarang memperoleh bantuan maupun pelayanan saat kamu kesusahan mengenai desain blog kamu jika kamu memakai tema WorPress gratis dan basik ilmu web design kamu tidak ada. Hal tersebut membuat kamu tidak bisa melakukan apa-apa. Tapi kalau kamu menggunakan tema WordPress premium, kamu mendapatkan dukungan atau bantuan dalam hal kostumisasi tema agar sesuai dengan keinginan dan keperluan blog kamu.

Saat website kamu memakai tema premium, developernya senantiasa bersedia memberikan dukungan, panduan dan hal-hal lain yang masih wajar untuk dibantu sebagai service after sales. Dengan demikian, saat ada bug atau kesalahan sistematis pada desain atau kode tema premium yang kamu beli, kamu tak usah cemas, developer tema dan staf mereka bersedia memberikan pemecahan untuk mengatasi masalah dan pelayanan untuk poin-poin tersebut. Sebagai saran, belilah tema WordPress dari marketplace theme yang terpercaya, misalnya Themeforest atau Elegantthemes.

4. Pembaharuan Tema

Nah, yang paling menguntungkan dari tema WordPress premium adalah kamu akan selalu mendapat pembaharuan gratis. Karena memang developernya akan selalu memperbaharui theme buatannya agar sesuai atau kompatibel dengan pembaharuan WordPress dan pembaharuan algoritma mesin pencari. Biasanya setiap pembaharuan yang akan kamu terima gratis selamanya, misalnya yang dari Themeforest atau Elegeantthemes.

Oleh karena itu, saat memperbaharui tema premium yang kamu beli, kamu juga akan memperoleh fungsi-fungsi atau fitur-fitur setiap kali developer nya memperbarui tema buatan mereka. Perlu dicatat bahwa, kebanyakan tema premium WordPress dilengkapi dengan berbagai fungsi dan fitur pelengkap untuk bikin desain dan fungsional website kamu jadi terlihat profesional. Maka itu, tentukanlah tema fitur dan fungsi tema WordPress seperti apa yang kamu butuhkan sebelum membelinya.

Lain hal jika kamu menggunakan tema WordPress gratis, yang mana developernya tidak akan terlalu mementingkan pengembangan atau kompatibilitas tema buatan mereka.

5. Gampang Digunakan

Kamu bisa secara mudah mencocokkan tampilan dan fitur tema premium WordPress pada website atau blog kamu. Tidak mesti mengganti ratusan kode untuk bikin rancangan baru lagi

Rata-rata tema premium WordPress dibuat dengan kode dan desain unik. Sekaligus membuat tampilan jadi blog kamu menjadi menarik dan terlihat profesinal hanya dengan pembelian tema beberapa puluh dolar. Selain itu, kalau kamu ingin mencocokkan dan bikin desain yang unik buat blog kamu, kamu bisa menerapkannya dengan mengotak-atik CSS pada tema premium tersebut.

Hal-hal Penting untuk Dipertimbangkan Saat Hendak Membeli Tema WordPress Premium

Mungkin setelah mengetahui keuntungan membeli tema WordPress premium di atas kamu berniat untuk membeli dari pada membuat sendiri atau pakai tema gratis. Sebelum membeli tema WordPress, perhatiakan poin-poin penting di bawah ini:

  1. Cek apakah tema yang hendak kamu beli mempunyai dukungan pelanggan yang kredibel atau tidak. Kamu bisa memeriksanya dari feedback customer mereka di laman penjualan tema di marketplace tempat jual-beli tema tersebut.
  2. Cek kecepatan loading tema. Kecepatan loading tema blog merupakan hal yan gkrusial. Pakai versi demo yang disediakan untuk memperhatikan seperti apa performanya di browser PC maupun mobile.
  3. Cek apakah tema tersebut mempunyai kebijakan pengembalian uang atau tidak, apabila fitur-fitur yang disebutkan di laman penjualan tidak sesuai dengan yang kamu lihat setelah menggunakannya.
  4. Cek apakah tema tersebut mempunyai situs khusus dan developernya sering memperbaharui tema buatannya secara konsisten atau tidak. Hal tersebut penting karna intensitas update tema yang pernah dilakukan menunjukkan kualitas developer-nya juga.

Kiranya postingan ini berguna bagi kamu, dan kalau kamu tidak menguasai cara kustomisasi tema WordPress, sangat direkomendasikan agar membeli tema WordPress premium yang fitur dan fungsinya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kamu. Hal tersebut penting agar kamu tidak rugi dan kewalahan di kemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *